Rabu, 16 Januari 2008

Menjadi Santri

Bila semua orang menjadi santri, tentunya dunia ini aman sentosa. Tunggu dulu, jangan membayangkan dunia ini penuh dengan orang yang memakai sarung dan kopyah (peci). Merujuk guru saya..Santri itu adalah tiga pokok nilai yang dipegang teguh oleh seorang manusia (insan). Santri atau Insan (bahasa Arab) dan Tri ( tiga) (bahasa Sansekerta) atau seorang manusia yang mempunyai tiga nilai pokok.
Apakah nilai pokok yang tiga itu..yaitu; BERBAKTI KEPADA ALLOH, BERBAKTI KEPADA SESAMA MANUSIA dan BERBAKTI KEPADA ALAM SEMESTA. Berbakti kepada Alloh adalah pelaksanaan nilai keimanan, patuh kepada Tuhannya alam semesta dan seisinya. (Hablumminalloh)
Berbakti kepada manusia adalah menjaga hubungan saling menghormati antar sesama manusia baik seiman atau tidak seiman. Semua menjaga ukhuwah kemanusian dengan kesadaran bahwa semua manusia adalah makhluk tuhan yang mendiami dunia ini bersama dan hidup berdampingan. (Hablumminannas)
Berbakti kepada alam semesta adalah menjaga kelangsungan ekosistem yang ada di muka bumi. Tidak merusak alam dan lingkungan. Tidak mencemari dan tidak mengekploitasi secara berlebihan. (Tidak membuat kerusakan di muka bumi).
Bila kebanyakan orang menjadi atau berusaha meraih tiga nilai pokok itu, tentunya terwujudlah negeri yang aman, adil dan makmur dan tetap dalam penjagaan Alloh Tuhan Semasta Alam Yang Maha Pengasih dan Maha Penyayang….”Robbij’al hadza baladan aminna, warzuq ‘ahlahu minnasysyamarot man amana minhum billahi wal yaumil akhir” itulah doa nabi Ibrohim as. untuk negerinya. Mari kita berdoa kepada Alloh untuk negeri kita…

Tidak ada komentar: